Mengenal Teknologi Infor「Online Gaming Forum」masi dan Komunikasi (TIK)

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Permainan catur thailand

Misal, iOOOnline Gaming Forumnline Gaming Forumnline Gaming Forumnternet dapat menyediakan akses ke sejumlah besar komputer di seluruh dunia. Tetapi untuk mengakses internet, kita membutuhkan komputer dan TIK lainnya seperti saluran telepon, sambungan kabel, atau perangkat nirkabel.

Daftar komponen TIK sangat lengkap dan terus bertambah. Termasuk komputer dan telepon, telah ada selama beberapa dekade. Ditambah smartphone, TV digital, dan robot adalah suatu hal baru yang masih banyak perlu dipelajari.

Mulai dari teknologi kuno, seperti telepon rumah, siaran radio dan televisi, yang semuanya masih banyak digunakan saat ini hingga perangkat TIK yang jauh lebih mutakhir seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan robot.

KOMPAS.com - Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) biasanya digunakan sebagai sinonim untuk komputer dan jaringan komputer serta mencakup teknologi distribusi informasi lain seperti telepon.

Baca juga: Biografi Alexander Graham Bell, Penemu Telepon

TIK bukan hanya sekedar akses ke informasi atau teknologi komputer melainkan menimbulkan dampak secara sosial dan ekonomi.

Sebagai pengganti komunikasi tatap muka misalnya, TIK dapat memberikan manfaat seperti mengurangi perjalanan, menghemat waktu, dan memperluas geografi komunitas manusia.

Artinya, TIK membentuk akses individu, rumah tangga, perusahaan, atau negara ke informasi, orang, layanan, dan teknologi.

W.H. Dutton dalam International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (2001) menjelaskan, TIK juga membentuk akses ke beragam sumber daya sosial dan ekonomi.

Baca juga: Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Contohnya

Cakupan TIK sangat luas, tidak hanya bidang berkemampuan internet dan seluler yang didukung jaringan nirkabel saja.

Sistem TIK umumnya menjelaskan tentang sistem informasi, sistem komunikasi, sistem komputer. Termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral atau perangkat tambahan yang dioperasikan oleh sekelompok orang.

Untuk mengenal TIK, simak penjelasan singkat berikut ini:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

TIK tidak hanya menyediakan akses ke lebih banyak informasi atau lebih banyak orang, tetapi juga mengubah pola interaksi antara orang, informasi, komunitas, dan organisasi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mengacu pada semua teknologi yang digunakan untuk menangani telekomunikasi, media penyiaran, sistem manajemen, sistem pemrosesan dan transmisi audiovisual, fungsi kontrol, serta pemantauan berbasis jaringan.

Melansir dari situs Europeyou, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah penggunaan komputer untuk menyimpan, mengambil, mengirimkan, dan memanipulasi data, atau informasi.

TIK mungkin menggantikan kontak manusia dengan bentuk komunikasi yang jauh lebih praktis, mendorong isolasi sosial, atau memungkinkan komunikasi di antara orang-orang yang tidak memiliki kesempatan untuk bertemu langsung.

Melansir Science Direct, TIK membuka akses ke teknologi tertentu (peralatan, pengetahuan, dan teknik) dan membentuk akses ke teknologi lain. Karena TIK saling berhubungan dan bergantung satu sama lain dalam banyak cara.

Beberapa dampak TIK antara lain:

Baca juga: Perkembangan Teknologi Komunikasi